Sabtu, 22 September 2012

Berbagi Quotes : Soe Hok Gie (1)

Hidup adalah soal keberanian, menghadapi yang tanda tanya, tanpa kita bisa mengerti tanpa kita bisa menawar, terimalah dan hadapilah..

(Mandalawangi. 19 Juli 1966. Soe Hok-gie)




Soe Hok Gie adalah sosok misterius yang kharismanya mampu meluluhkan Indonesia-bahkan setelah kematiannya. Sosok yang lahir tanggal 17 Desember1942, dikenal sebagai mahasiswa idealis dengan segala pemikirannya. Setelah lulus di Kolese Kanisius (yang ini lagi-lagi membanggakan saya sebagai alumni kolese, hehhehe), ia melanjutkan kuliahnya di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (cita-cita saya yang gak pernah teraih). Selain dikenal sebagai aktivis yang rajin mengkritik sistem pemerintahan Indonesia saat itu, ia juga suka sekali naik gunung.

Lembah Mandalawangi-Gunung Pangrango menjadi favoritnya selain Mahameru,yang kemudian menjadi tempat terakhirnya menghirup napas kehidupan pada tanggal 16 desember 1969, tepat sehari sebelum ia ulang tahun yang ke-26.

Baginya, mati muda adalah kebanggan dan kebahagiaan. Dan setelah ia wafat pun, kharismanya tak lekang. Pada tahun 1997, John Maxwell-seorang pengarang dan pembicara yang terkenal di dunia, menulis biografi Soe Hok Gie dengan judul "Soe Hok Gie- A Biography of A Young Indonesia Intellectual".

Semoga sampai sekarang, semangat Soe Hok Gie tetap menyala di dalam hati kaum muda Indonesia.

Tidak ada komentar: